15 Kilogram Sayuran Dipanen dari Tiga RPTRA di Sawah Besar

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 14 Juni 2019 22:29 WIB | Dibaca 808 kali
15 Kilogram Sayuran Dipanen dari Tiga RPTRA di Sawah Besar (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Komunitas Pertanian Perkotaan Kecamatan Sawah Besar berhasil memanen sebanyak 15 kilogram sayuran terdiri dari kangkung dan pakcoi dari tiga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

"Bisa terus dipertahankan, "

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sawah Besar, Ava Dhina merinci, panen kangkung di RPTRA Karang Anyar mencapai 10 kilogram dan di RPTRA Jaya Molek sebanyak 2 kilogram kangkung. Sementara, di RPTRA Sahara dipanen 3 kilogram pakcoi.

"Hari ini kita lakukan panen secara serentak. Hasil panen kita jual kepada warga setempat seharga Rp 5 ribu per kantong berukuran 250 gram," ujarnya, Jumat (14/6).

Ava menjelaskan, ketiga RPTRA tersebut sudah lama mengaplikasikan praktik pertanian perkotaan atas bimbingan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat. 

"Kami berharap sistem pertanian modern ini bisa terus dipertahankan di wilayah Sawah Besar," ungkapnya. 

Sementara, salah seorang pengelola RPTRA dari Kelurahan Karang Anyar, Afif menuturkan, hasil penjualan sayuran hidroponik tersebut menjadi pemasukan untuk Kas masing-masing RPTRA dalam memenuhi kebutuhan bibit dan nutrisi hidroponik. 

"Pertanian ini berkelanjutan, selepas pemanenan komunitas langsung melakukan penyemaian atau penanaman kembali," tandasnya. 

TOP