Bakesbangpol Umumkan Pemenang Lomba Artikel Gema Anti Narkoba

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Kamis, 16 Mei 2019 21:39 WIB | Dibaca 960 kali
Bakesbangpol Umumkan Pemenang Lomba Artikel Gema Anti Narkoba (Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta hari ini menggelar acara penghargaan lomba artikel 'Gema Anti Narkoba' tahun 2019 di Lantai 22, Blok G Balai Kota.

"Ini salah satu upaya kita untuk mengajak generasi muda berpikir secara kreatif dan ilmiah, "

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bakesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri mengatakan, perlombaan ini digelar untuk mengajak generasi muda berfikir secara kritis dan kreatif dalam memerangi bahaya narkoba yang mengancam sekitar.

"Ini salah satu upaya kita untuk mengajak generasi muda berpikir secara kreatif dan ilmiah dalam bentuk tulisan-tulisan ini," ujarnya di lokasi, Kamis (16/5).

Taufan menyebutkan, perlombaan ini diikuti 300 orang peserta yang kemudian disaring menjadi 200, 50 hingga 10 orang. Para peserta yang lolos 10 besar diwajibkan mengikuti sesi wawancara dengan dewan juri untuk mengabsahkan kebenaran artikelnya.

Ia mengutarakan, perlomba ini telah digelar sejak 15 Februari hingga 28 April 2018. Mayoritas pesertanya pelajar dan mahasiswa di Ibukota.

"Tujuan kegiatan ini memberikan ruang kreatif bagi pemuda untuk mempelajari dan menemukan metode pencegahan terhadap bahaya narkotika," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, Khrisna Anggara menilai, ajang seperti ini sangat dibutuhkan dalam rangka mencegah peredaran narkoba di lingkungan sekitar. Di samping juga untuk mengajak para generasi muda mewaspadai jenis-jenis narkoba baru.

"Lomba ini salah satu upaya untuk mencerdaskan masyarakat kita dan dan juga mencegah penyebaran narkoba," tandasnya.

Sekadar diketahui, lomba artikel 'Gema Anti Narkoba' ini diraih Gerald Immanuel Simanjuntak sebagai Juara I kategori pelajar dan Ayulia Nur Rachmawati kategori mahasiswa atau umum.

Mereka mendapatkan piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan sebesar Rp 8.295.200 untuk kategori pelajar dan Rp 25.922.500 untuk kategori mahasiswa atau umum.

Sedangkan Juara II kategori pelajar diraih Meilisa Arismaya Wanti dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 6.739.850 berikut piala dan piagam penghargaan.

Kategori mahasiswa atau umum diraih Steve Rick Elson Mara dengan uang pembinaan sebesar Rp 15.553.500 berikit piala dan piagam penghargaan.

Kemudian Juara III kategori pelajar diraih Cesilia Octasena dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5.702.950. Kategori mahasiswa dan umum diraih Edi Setiawan sebesar Rp 10.369.000.

TOP