Dinas Nakertrans Adakan Pelatihan Barista

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 16 Mei 2019 07:56 WIB | Dibaca 379 kali
Dinas Nakertrans Adakan Pelatihan Barista (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) DKI Jakarta melalui Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Utara, mengagendakan empat kali pelatihan barista di tahun 2019.

" Ada sembilan difabel yang ikut"

Pelatihan keahlian dalam meracik kopi tersebut untuk Tahap I sudah dilaksanakan pada 25 Maret 2019 dan Tahap II berlangsung 3 Mei 2019. Selanjutnya, untuk Tahap III akan diselenggarakan September dan untuk Tahap IV pada November mendatang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah menilai, minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Selain banyak peminatnya, usaha kopi juga memiliki pangsa pasar.

"Melihat segala potensi yang ada mendasari kami mengadakan pelatihan barista. Tiap gelombang pelatihan berlangsung selama dua hari," ujarnya, Kamis (16/5).

Andri Yansyah menjelaskan, pelatihan barista diikuti sebanyak 40 peserta per gelombang. Pelatihan tersebut sangat memberikan ruang atau prioritas bagi penyandang disabilitas.

"Pelatihan sebelumnya ada sembilan difabel yang ikut. Kami sangat mengapresiasi mereka karena terbukti memiliki taste dan art yang sangat bagus," terangnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaaan pelatihan, Dinas Nakertrans DKI Jakarta menggandeng perusahaan atau produsen kopi dan sekolah barista.

"Kami berkolaborasi dengan pihak swasta agar mereka juga berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

TOP