Puluhan ASN Pemkot Palu Ikuti Psychological First Aid

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Sabtu, 27 April 2019 13:42 WIB | Dibaca 727 kali
Puluhan ASN Pemkot Palu Ikuti Psychological First Aid (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mengikuti pelatihan pertolongan pertama pada psikologis atau Psychological First Aid (PFA) di Kantor Dinas Kesehatan Kota Palu, Jalan Balai Kota, Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah.

" "

Pelatihan tersebut merupakan salah satu bentuk bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Tim Psikososial.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Husaema menyambut baik diadakannya pelatihan tersebut. Terlebih, di saat trauma masyarakat Palu belum sepenuhnya pulih total.

"Kami sangat mengapresiasi Pemprov DKI yang telah mengirimkan tim ke Palu untuk memberikan bantuan," ujarnya, Sabtu (27/4).

Husaema mengatakan, pemulihan trauma psikis memerlukan pendampingan yang dilakukan berjenjang dan berkesinambungan.

"Melalui pemulihan secara berjenjang mulai dari ASN sampai ke pengungsi, mudahan-mudahan Palu bisa bangkit, kuat, dan kembali normal seperti sedia kala," terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Joko Indro mengatakan, pelatihan PFA kepada ASN di Palu bertujua  untuk mendukung kemampuan pegawai terkait dalam pemulihan psikologis kelompok-kelompok rentan.

"Supaya mereka bisa membantu dirinya sendiri dan orang lain yang kondisinya kurang stabil. Kami ingin mereka bisa berbagi dan menularkan ilmu ini kepada masyarakat," tandasnya.

Untuk diketahui, materi pelatihan dan pendampingan yang diberikan di antaranya, pengantar, langkah-langkah, praktikum, serta teknik Psychological First Aid (PFA) hingga bermain peran dan praktik PFA Komunitas.

TOP