Dinas KUKMP Sosialisasikan Gerakan Konsumen Cerdas

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 25 April 2019 21:13 WIB | Dibaca 812 kali
Dinas KUKMP Sosialisasikan Gerakan Konsumen Cerdas (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta menyosialisasikan Gerakan Konsumen Cerdas kepada masyarakat.

" Pentingnya perlindungan terhadap konsumen"

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara mengatakan, Gerakan Konsumen Cerdas bertujuan agar masyarakat semakin bisa memilih produk yang baik dan mengetahui hak-haknya.

"Sekaligus kita juga ingin menumbuhkan kesadaran kepada pelaku usaha akan pentingnya perlindungan terhadap konsumen," ujarnya, Kamis (25/4).

Menurutnya, saat ini masih banyak konsumen yang kurang aktif dalam memperjuangkan haknya sehingga indeks kepercayaan menjadi rendah serta mudah dieksploitasi.

"Kami ingin terwujud suasana berdagang yang jujur dan bertanggung jawab kepada konsumen," terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian, dan Perlindungan Konsumen, Dinas KUKMP, Ety Syartika menuturkan, sosialisasi Gerakan Konsumen Cerdas bulan ini diadakan pada 25, 29, dan 30 April.

"Hari ini temanya mengenai cerdas Konsumsi kosmetik, 29 April tentang e-Commerce, dan 30 April terkait fintech," terangnya.

Ia menambahkan, tema yang diangkat disesuaikan dengan banyaknya masukan dari berbagai kalangan konsumen melalui Badan Perlindungan Sengketa Konsumen (BPSK) dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM).

"Kita juga melakukan penelitian dari berbagai isu hangat yang pernah diangkat media terkait pengaduan konsumen yang merasa tidak puas dengan produk yang mereka beli," tandasnya.

Untuk diketahui, sosialisasi hari ini diikuti mahasiswa dan kalangan masyarakat lainnya, serta dihadiri oleh pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia (Perkosmi), hingga Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan DKI Jakarta.

TOP