Bupati Tekankan Pentingnya Kebersihan Pulau

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 24 April 2019 19:25 WIB | Dibaca 552 kali
Bupati Tekankan Pentingnya Kebersihan Pulau (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad bersama sekitar 70 orang dari komunitas jurnalis diving DKI Jakarta melakukan aksi bersih-bersih dasar laut di perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Bumi 2019.

" Kegiatan ini menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kebersihan pulau termasuk di dasar laut,"

Dikatakan Husein, dari hasil penyelaman, pihaknya menemukan masih banyak sampah yang tidak bisa terurai seperti plastik, karet ban dan besi ditemukan di dasar laut. Sedikitnya ada 20 karung lebih sampah yang berhasil dikumpulkan.

"Kegiatan ini menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kebersihan pulau termasuk di dasar laut," ujarnya, Rabu (24/4).

Ditambahkan Husein, upaya untuk mengurangi sampah plastik terus dilakukan di Kepulauan Seribu, melalui edukasi pembuatan bank sampah dan pemanfaatan sampah atau daur ulang. Namun untuk di dasar laut tidak semasif yang dilakukan didaratan. 

Untuk itu pihaknya meminta agar warga maupun wisatawan sama-sama menjaga kebersihaan lingkungan dan tidak membuang sampah di laut agar kelestarian lingkungan dan biota laut dapat terjaga.

"Jika semua peduli, alamnya lestari dan pemandangan dasar lautnya bersih serta indah maka wisata lautnya juga semakin diminati wisatawan," tandasnya.

TOP