Pemprov DKI Beri Pembekalan ASN Muda

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 12 April 2019 16:46 WIB | Dibaca 758 kali
Pemprov DKI Beri Pembekalan ASN Muda (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta memberikan pembekalan dan pembinaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muda di Jakarta Creative Hub, Jalan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

" Ide-ide out of the box "

Kegiatan pembekalan tersebut diikuti sekitar 50 ASN perwakilan dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Peserta dibagi menjadi delapan kelompok dan didampingi satu fasilitator. Adapun tahapan diskusi menegenai wisata dan transportasi meliputi pembacaan kasus, analisa kasus (pribadi), diskusi kasus, dan pembuatan kesimpulan kelompok.

Anggota TGUPP Bidang Percepatan Pembangunan, Herry Dharmawan mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memetakan dan menggali potensi PNS muda yang ada di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Insan muda harus penuh inovasi dan kritis, serta bisa menawarkan terobosan untuk solusi permasalahan kota Jakarta," ujarnya, Jumat (12/4).

Herry menjelaskan, melalui pemikiran-pemikiran dan inovasinya diharapkan ASN muda bisa mendukung program prioritas dan kegiatan strategis daerah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Kegiatan ini membuka kemungkinan ASN muda yang potensial agar bisa dilibatkan lebih jauh dalam pengambilan keputusan yang levelnya strategis. Proses pengambilan kebijakan ada caranya sendiri, tapi ide-ide out of the box yang dihasilkan itu sangat mungkin kita angkat sampai level Gubernur," terangnya.

Menurutnya, dalam penyelasaian satu kasus bisa multidimensi, tidak harus melihat dari sisi satu SKPD saja yang harus mengerjakan.

"Berdasarkan latar belakang yang beragam kita bisa menghasilkan solusi yang komprehensif," ungkapnya.

Kepala BKD DKI Jakarta, Chaidir menuturkan, dalam mempersiapkan Jakarta menuju City for 4.0, ASN perlu menerapkan cara kerja 4C yaitu, Criticize, Communication, Creative, dan Collaborative.

"Pembinaan PNS ini menggali potensi dirinya dan bagaimana mengimplementasikan 4C itu dalam rangka mempersiapkan Jakarta menuju City for 4.0," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania menilai, para ASN muda ini adalah orang terpilih yang menjadi bagian dari pengelolaan kota dan diberikan amanat besar serta memiliki kontribusi terrhadap Jakarta.

"Mereka punya jalan panjang untuk membangun kota Jakarta. Harus ikhlas bekerja dan bisa menjalin sinergisitas menyelesaikan permasalahan di Ibukota," tandasnya.

TOP