Pembangunan 53 Taman Maju Bersama Didukung DPRD

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 05 April 2019 20:14 WIB | Dibaca 503 kali
Pembangunan 53 Taman Maju Bersama Didukung DPRD (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, mendukung program Dinas Kehutanan yang berencana membangun 53 Taman Maju Bersama (TMB) pada tahun ini.

"Kami mendukung penambahan pembangunan TMB, "

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Iman Satria mengatakan, langkah penambahan TMB ini sudah sangat tepat untuk menjawab fungsi sosial ruang terbuka hijau (RTH) di Ibukota sebagai ruang publik .

"Penambahan kuota TMB harus dibangun secara representatif dengan kebutuhan masyarakat. Kami mendukung penambahan pembangunan TMB," ujar Iman, Jumat (5/4).

Iman memaparkan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk pembangunan TMB sebagai fungsi sosial. Di antaranya, harus ada tempat khusus bermain ramah anak, perpustakaan dan sarana berolahraga.  

"Dinas Kehutanan telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan 53 TMB sebesar Rp130 miliar, kami dukung jika memang itu bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat," ucapnya.

Pembangunan 53 TMB akan dilakukan di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Rinciannya, 30 TMB ditargetkan selesai pada Agustus dan 23 ditargetkan selesai Desember mendatang. Untuk luas lahan TMB yang akan dibangun dibuat bervariasi, mulai 2.000 meter persegi hingga 3,4 hektare.

TMB yang akan dibangun bakal dilengkapi dengan fasilitas sesuai kebutuhan masyarakat seperti lapangan olahraga, amphitheater, jogging track, kolam retensi, perpustakaan, toilet, pertanian perkotaan dan pos jaga.

Selain itu, Dinas Kehutanan DKI akan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) untuk penyediaan fasilitas WiFi sebagai koneksi internet bagi pengunjung TMB.

"TMB pada dasarnya harus bisa dinikmati warga. Jadi percepatan pembangunan nantinya harus betul-betul bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.

TOP