Pengelola RPTRA Cibesut Manfaatkan Daun Kelor Jadi Minuman Kemasan

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Jumat, 05 April 2019 10:06 WIB | Dibaca 593 kali
Pengelola RPTRA Cibesut Manfaatkan Daun Kelor Jadi Minuman Kemasan (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Para pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cipinang Besar Utara (Cibesut), Jatinegara, Jakarta Timur memanfaatkan daun kelor menjadi minuman kemasan yang segar dan puding. 

" Minuman kemasan dan puding ini berfungsi menurunkan panas dalam serta demam"

Koordinator Pengelola RPTRA Cibesut, Rika Rostika menuturkan, ide pembuatan puding dan minuman segar berbahan dasar daun kelor ini bermula dari adanya pelatihan wirausaha yang digelar Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur tahun 2017 lalu.

"Minuman kemasan dan puding ini berfungsi menurunkan panas dalam serta demam," tuturnya, Jumat (5/4).

Menurutnya, sejauh ini produksinya masih  sesuai dengan jumlah pemesanan. Setiap minggu pihaknya memproduksi sebanyak 25 botol minuman segar yang diberi label Mirakel atau minuman rempah kelor. Setiap botolnya dibanderol Rp 6.000. Sedangkan puding, produksinya sebanyak 40 cup per minggu, setiap cup-nya dijual seharga Rp 3.000.

Untuk memenuhi kebutuhan produksinya, pengelola RPTRA telah menanam sekitar 100 pohon kelor di areal taman di RPTRA dan kantor kelurahan, yang lokasinya bersebelahan. 

Ia menambahkan,  selama ini pemasaran produknya masih di PKK Mart dan disebarluaskan melalui sosial media. Minuman segar maupun puding yang diproduksinya tanpa bahan pengawet, sehingga hanya mampu bertahan dua hari.

"Namun jika disimpan di lemari pendingin bisa bertahan dua minggu," tandasnya. 

TOP