Binaan Sosial di PSBL Harapan Sentosa 1 Buat Beragam Kerajinan Tangan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 29 Maret 2019 11:24 WIB | Dibaca 450 kali
Binaan Sosial di PSBL Harapan Sentosa 1 Buat Beragam Kerajinan Tangan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Puluhan warga binaan sosial Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat, diberikan pelatihan untuk membuat beragam kerajinan tangan seperti, gelang, anting, kalung, dan keset.

" Membekali mereka dengan keahlian atau keterampilan"

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, kegiatan tersebut menjadi bagian dari terapeutik bagi warga binaan sosial di PSBL Harapan Sentosa 1 agar setelah betul-betul dinyatakan pulih mereka bisa hidup secara mandiri.

"Sangat penting bagi kita untuk membekali mereka dengan keahlian atau keterampilan untuk menunjang kesejahteraannya kelak," ujarnya, Jumat (29/3).

Sementara, Kepala PSBL Harapan Sentosa 1, Maria Margaretha mengungkapkan, kegiatan terapeutik ini bermanfaat bagi warga binaan terutama untuk mengasah kemampuan motorik.

"Terapeutik dapat melatih konsentrasi mereka. Di sini kami melatih mereka dengan membuat berbagai kerajinan tangan. Bahkan, hingga membuat pupuk kompos," terangnya.

Maria menambahkan, keikutsertaan warga binaan sosial dalam pelatihan pembuatan kerajinan tangan dilakukan secara sukarela.

"Sudah banyak karya yang dihasilkan. Karya-karya itu sering juga kita tampilkan saat ada pameran atau kegiatan lain," tandasnya.

TOP