Warga Joglo Rutin Berlatih Seni Budaya Betawi

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 27 Maret 2019 19:41 WIB | Dibaca 890 kali
Warga Joglo Rutin Berlatih Seni Budaya Betawi (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Warga Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, mulai dari anak-anak, remaja dan kaum ibu, selama ini rutin berlatih seni dan budaya di Sanggar Rumah Betawi Joglo.  

" Ibu-ibu rutin berlatih seni Hadroh, anak laki laki berlatih silat dan palang pintu, serta anak perempuan menari"

Ernawati (45), warga RT 02/01 Joglo mengatakan, sejumlah kegiatan seni dan budaya masih menggeliat di Sanggar Rumah Betawi Joglo ini, seperti pencak silat, tari topeng dan seni Hadroh.

"Ibu-ibu rutin berlatih seni Hadroh, anak laki laki berlatih silat dan palang pintu, serta anak perempuan menari," ujar Ernawati, Rabu (27/3).  

Lurah Joglo, Matrullah menjelaskan, pihaknya akan terus mengawal aspirasi warga yang meminta pembinaan untuk pelestarian budaya Betawi.  

"Aspirasi warga diusulkan melalui rembuk RW, Musrenbang kelurahan hingga provinsi akan terus kami kawal," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan mengusulkan dibangun tempat pelatihan seni budaya di atas lahan seluas 3.000 meter persegi milik Pemprov DKI yang lokasinya tidak jauh dari Sanggar Rumah Betawi Joglo.

"Tempat itu nanti diperuntukkan bagi warga berlatih berbagai kegiatan seni budaya Betawi dan tempat pengembangan kewirausahaan bagi pelaku usaha yang membuat cinderamata ondel ondel," tandasnya.

TOP