Karang Taruna Kelurahan Berpretasi Wakili Jakut ke Tingkat DKI

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 26 Maret 2019 23:51 WIB | Dibaca 478 kali
Karang Taruna Kelurahan Berpretasi Wakili Jakut ke Tingkat DKI (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Tiga Karang Taruna dari Kelurahan Pademangan Barat, Warkas dan Kelurahan Kapuk Muara dinobatkan sebagai karang taruna berpretasi oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Utara dan akan diikutsertakan dalam penilaian tingkat provinsi, 11 April mendatang.

"Jadi indikator globalnya, bagaimana pengurus bisa mengelola karang taruna secara mandiri, "

Kepala Sudin Sosial Jakarta Utara, Aji Antoko mengatakan, penilaian Karang Taruna berprestasi digelar sejak beberapa pekan lalu. Penilaian meliputi inovasi program yang dimiliki, mulai dari program Usaha Ekonomi Produktif (UEP), pengelolaan organisasi, hingga interaksi dengan masyarakat sekitar.

Sebagai contoh, lanjut Aji, pengurus Karang Taruna Kelurahan Pademangan Barat yang mengembangkan usaha cuci steam sepeda motor dengan memberdayakan anggota atau masyarakat sekitar. Program tersebut sekaligus mengurangi angka pengangguran DKI Jakarta.

"Jadi indikator globalnya, bagaimana pengurus bisa mengelola karang taruna secara mandiri," ujarnya, Selasa (26/3).

Aji menerangkan, pihaknya akan memberikan pendampingan kepada ketiga karang taruna kelurahan tersebut. Diharapkan ketiganya bisa meraih prestasi saat penilaian di tingkat provinsi.

"Kami akan memberikan pembinaan semacam training center pada ketiga pengurus Karang Taruna ini. Seperti terkait pembukuan hingga memperbaiki materi paparan saat diuji tim penilai," tandasnya.

TOP