Reza Purbaya, Warga Sunter Pembuat Wayang Golek Custom

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 26 Maret 2019 21:34 WIB | Dibaca 471 kali
Reza Purbaya, Warga Sunter Pembuat Wayang Golek Custom  (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Kecintaan terhadap seni dan budaya, membawa Reza Purbaya, warga RT 01/13 Kelurahan Sunter Jaya,Tanjung Priok, Jakarta Utara, menekuni usaha wayang golek custom. Konsumen yang ingin dirupa wayang golek, cukup memberikan foto untuk proses pembuatan.  

"Pertengahan tahun 90- an saya pernah diundang mentas ke Amerika disaksikan Presiden George Bush sekeluarga,"

Dijelaskan Reza, proses pembuatan wayang golek custom itu bisa memakan waktu antara satu hingga tiga pekan, tergantung faktor kesulitan. Menurut dia, detail gambar foto yang dikirimkan berpengaruh terhadap kemudahan proses pembuatan.

"Kalau ada foto yang bagus, detail tampak depan dan samping sama, akan cepat. Bisa rampung seminggu," ujarnya, Senin (26/3).

Dijelaskan Reza, proses pembuatan wayang golek custom menggunakan material kayu pohon pule. Pemilihan material dari batang kayu pohon pule lantaran gampang diukir, memiliki serat yang halus, kecil kemungkinan dirayapi dan memiliki bobot yang ringan.

Untuk setiap produk wayang golek custom tersebut, Reza mematok harga sekitar Rp 3,5 juta. Produk tersebut berikut boks display.

Selama ini, konsumen wayang golek custom kebanyakan berasal dari kedutaan-kedutaan asing dan perusahan besar nasional serta luar negeri. Reza mengaku, dirinya pernah membuatkan wayang golek custom mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pertengahan tahun 90-an saya pernah diundang mentas ke Amerika disaksikan Presiden George Bush sekeluarga. Setelah itu kita buatkan mereka sekeluarga wayang golek custom," tandasnya.

TOP