Warga Kebon Bawang Dilatih Pengelolaan Keuangan Keluarga

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 25 Maret 2019 18:42 WIB | Dibaca 392 kali
Warga Kebon Bawang Dilatih Pengelolaan Keuangan Keluarga (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Sebanyak 50 orang warga Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengikuti workshop pengelolaan keungan keluarga di RPTRA Bawang Putih RT 05/06 Kebon Bawang.

"Dengan materi yang disampaikan tadi kita jadi paham bagaimana mengatur keuangan, "

Warga RW 13, Kartikawati mengaku, pelatihan ini amat bermanfaat untuk memberikan pemahaman teknik mengelola keuangan keluarga. Selama ini, ia mengaku sedikit kesulitan mengatur alur pendapatan dan pengeluaran.

"Dengan materi yang disampaikan tadi kita jadi paham bagaimana mengatur keuangan. Termasuk memisahkan antara uang dapur dan usaha," katanya, Senin (25/3).

Dijelaskan Kartika, selama ini dirinya membuka usaha kecil-kecilan untuk membantu ekonomi keluarga. Namun, pengaturan keuangannya belum tersistematis.

"Ya masih nyampur antara uang usaha dan keluarga. Saya optimis kalau dengan sistem ini bisa mengembangkan usaha juga," tegasnya.

Penyuluh Keluarga Berencana Kelurahan Kebon Bawang, Neni Nuraini menjelaskan, kegiatan pelatihan bekerja sama dengan salah satu yayasan di Jakarta Utara dan pengelola RPTRA. Pelatihan akan berlanjut dengan pendampingan.

"Intinya mereka dilatih bagaimana mengatur keuangan sehingga mampu memaksimalkan pendapatan untuk kesejahteraan keluarga," tandasnya.

TOP