Menengok Anak-anak Berlatih Vokal di RPTRA Sunter Jaya Berseri

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 22 Maret 2019 23:10 WIB | Dibaca 788 kali
Menengok Anak-anak Berlatih Vokal di RPTRA Sunter Jaya Berseri (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Gerisik suara dedaunan yang tertiup angin sekejap hilang, berganti dengan lengkingan suara belasan anak-anak yang sedang berlatih bernyanyi, Jumat (22/3) sore di RPTRA Sunter Jaya Berseri, Jl Bentengan VI RT 07/05 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Ya kalau dulunya sih asal. Setelah dilatih kita tau bagaimana tinggi rendah dan tempo nada, "

Paduan vokal para bocah ini sesekali harus dihentikan sang pelatih, Hendra Maulana Dewa, karena terdengar tidak selaras dengan alunan nada keyboard yang dimainkkannya. Dengan sabar, Hendra memberi pengarahan tangga nada kepada anak-anak didiknya agar selaras dengan irama dan tempo lagu yang dinyanyikan. 

Sejurus kemudian, alunan suara anak-anak itu kembali menggema. Meski, masih sedikit terdengar sumbang namun lebih enak terdengar dari yang sebelumnya.

Kegiatan berlatih bernyanyi yang diikuti anak-anak usia sekolah dasar di lingkungan sekitar RPTRA ini rutin dilakukan setiap Jumat dan Minggu, mulai pukul 15.00 hingga 17.00.

Menurut Hendra, pada tahap awal latihan dirinya lebih sering mengajak anak-anak praktek dibanding memahami materi bernyanyi seperti olah vokal, olah pernafasan, nada dan tempo.

"Pelatihan juga bertujuan mengajak anak-anak untuk mengenal lagu-lagu anak. Dengan begitu, pembentukan mental mereka tidak akan tercerabut dari akarnya.Karena anak-anak sekarang banyak yang lebih hapal lagu-lagu yang tidak pas untuk usia mereka," tutur Hendra, Jumat (22/3). 

Salah seorang peserta latihan, Nailul Husna (13), mengaku sejak mengikuti pelatihan jadi mengetahui tentang tempo, nada dan vokal. Awalnya, ia dan rekan-rekan sekadar melepas senandung saat bernyanyi.

"Ya kalau dulunya sih asal. Setelah dilatih kita tau bagaimana tinggi rendah dan tempo nada," ujarnya.

Menurut warga RT 13/05 Kelurahan Sunter Jaya itu, pelatihan yang diikutinya sejak tahun 2016 memberikan pembelajaran mental agar tidak mudah menyerah dan malu tampil di muka umum.

"Saya pernah tampil menjadi juara ketiga lomba menyanyi tingkat SD yang digelar di Jakarta Selatan," tandasnya.

TOP