Dinas KPKP Bakal Tanam 14.000 Bibit Karang

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 22 Maret 2019 10:39 WIB | Dibaca 772 kali
Dinas KPKP Bakal Tanam 14.000 Bibit Karang (Foto : Toni Riyanto / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menanam 14.000 bibit karang di 3.500 substrat atau tempat tumbuhnya karang. Transplantasi karang tersebut akan dilakukan di sejumlah wilayah perairan di Kepulauan Seribu dengan luas mencapai 0,7 hektare.

" Karang yang kami tanam berjenis acropora"

Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta, Sri Wahyuni menjelaskan, satu unit substrat akan ditanam empat bibit karang. Proses penanaman dilakukan di dasar laut perairan dangkal atau berkedalaman sekitar lima meter.

"Karang yang kami tanam berjenis acropora yang tumbuhnya dua sampai tiga sentimeter dalam setahun," ujarnya, Jumat (22/3).

Yuni mengatakan, luas perairan DKI Jakarta kurang lebih mencapai 4.561 hektare. Untuk itu, perlu dilakukan pengawasan dan perawatan ekosistem secara maksimal.

"Transplantasi karang akan dilakukan di sekitar Pulau Gosong, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Kelapa," terangnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan transplantasi karang dilakukan dengan luasan bervariasi di setiap wilayah perairan kepulauan karena disesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi anggaran.

"Total anggaran untuk transplantasi karang tahun ini Rp 1,4 miliar. Sekarang sedang dalam tahap lelang dan targetnya pelaksanaan transplantasi karang sudah dimulai Mei mendatang," tandasnya.

TOP