Warga Tanjung Priok Manfaatkan Tepian Gang Jadi Taman Toga

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 20 Maret 2019 11:32 WIB | Dibaca 759 kali
Warga Tanjung Priok Manfaatkan Tepian Gang Jadi Taman Toga (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Areal tepian jalan di Gang Bahari IV, RT 08/03 Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dimanfaatkan warga menjadi taman tanaman obat keluarga (Toga). Areal ini menjadi taman hatinya PKK RW 03 yang hijau dan penuh warna-warni.

"Tanamannya seperti kumis kucing, kelor, suji dan mangkok merah "

Ketua RW 03 Kelurahan Tanjung Priok, Kunkun Surya Lesmana menjelaskan, upaya mengubah tepian gang itu dimulai sejak dua pekan lalu dan melibatkan berbagai unsur masyarakat seperti Karang Taruna dan Pokja 3 PKK. Selain menjadi pusat edukasi dan percontohan gerakan menanam tanaman toga, keberadaan taman juga mempercantik lingkungan.

"Kita manfaatkan berbagai material yang ada sebagai media tanam dan mempercantik taman. Contohnya seperti botol plastik bekas dan paralon yang dibentuk serta dicat," ujarnya, Selasa (20/3).

Media tanam hasil kreasi warga itu melengkapi berbagai jenis pot yang memenuhi areal tepian jalan sekitar sepanjang enam meter tersebut. Area taman juga dilengkapi pagar bambu bercat warna-warni setinggi sekitar 50 sentimeter sebagai pembatas.

Pada bagian barat taman, terpampang papan 10 program PKK yang dicat meriah. Tiang listrik yang kebetulan berada di sisi tengah taman pun tak luput dari sentuhan warna-warni dan dipasangi papan berisi slogan halaman, asri, teratur, indah, nyaman.

Sedangkan di bagian tembok, warga mendasarinya dengan cat warna hijau dipadukan ungu dan merah muda. Tidak lupa, warga membubuhkan gambar hati berwarna merah sebagai penanda taman hatinya PKK RW.

"Tanamannya seperti kumis kucing, kelor, suji dan mangkok merah. Kita lengkapi juga dengan keterangan manfaat dan khasiat," tandasnya.

TOP