Anies Buka Musrenbang Tingkat Kota Jakarta Utara

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 19 Maret 2019 21:55 WIB | Dibaca 916 kali
Anies Buka Musrenbang Tingkat Kota Jakarta Utara (Foto : Dadang Kusuma Wira Putra / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka sekaligus memberikan arahan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara.

"Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, "

Pada kesempatan itu, Anies menyampaikan sejumlah program pembangunan yang sedang dan akan dilakukan di Jakarta Utara seperti, Jakarta International Stadium dan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter.

Kemudian, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Zona 1 Waduk Pluit, Zona 2 Muara Angke, dan Zona 5 Sunter.

"Pemprov DKI juga akan melakukan penataan cagar budaya Rumah Si Pitung dan Masjid Al-Alam, serta kawasan permukiman di Kali Baru dan Cilincing," ujarnya, Selasa (19/3).

Anies meminta, melalui forum Musrenbang berbagai permasalahan dapat disampaikan secara terbuka dan dicarikan solusi bersama.

"Pola kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat harus senantiasa menjadi landasan setiap kebijakan yang inovatif, serta berdampak signifikan secara positif dan berkelanjutan," terangnya.

Anies menegaskan, berbagai program-program pembangunan yang dilaksanakan harus bisa dirasakan dan berimplikasi langsung pada masyarakat.

"Kita ingin ada kesinambungan antara yang pemerintah lakukan dan kebutuhan warga," ungkapnya.

Ia menginginkan, pertumbuhan ekonomi di Jakarta harus berkualitas. Artinya, pertumbuhan ekonomi itu bisa dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat di Ibukota.

"Ekonomi berkualitas akan meningkatkan kesejahteraan, mengurangi tingkat pengangguran, dan mengentaskan ketimpangan. Kita ingin Jakarta menjadi kota global," ucapnya.

Anies menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan percepatan pemenuhan kebutuhan dasar seperti, aksesibilitas air bersih, ketersediaan transportasi publik, maupun sistem pengelolaan limbah. 

"Kita akan tuntaskan berbagai persoalan kebutuhan dasar itu secepatnya," tandasnya.

TOP