20 Petugas Kebersihan Pantai Antusias Ikuti Pelatihan Menyelam

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Jumat, 15 Maret 2019 12:42 WIB | Dibaca 456 kali
20 Petugas Kebersihan Pantai Antusias Ikuti Pelatihan Menyelam (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar pelatihan menyelam bagi petugas kebersihan pesisir dan pantai di perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara. Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 20 peserta yang merupakan perwakilan dari 10 pulau permukiman.

" Menyenangkan, mudah-mudahan kedepan dengan adanya tim penyelam kebersihan dasar laut kita tetap terjaga kebersihan dan keindahannya"

Romi, salah satu peserta mengaku senang dan antusias mendapatkan pengetahuan yang baru, meski berenang merupakan hal yang biasa tetapi menyelam merupakan hal baru baginya.

"Menyenangkan, mudah-mudahan ke depan dengan adanya tim penyelam kebersihan dasar laut kita tetap terjaga kebersihan dan keindahannya," tuturnya, Jumat (15/3).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman mengatakan, pelatihan dimaksudkan untuk menyiapkan sumber daya manusia sebagai petugas pengambilan sampah bawah laut.

Hal tersebut dilakukan karena  sampah di laut tak hanya dipermukaan saja, ternyata di bawah laut juga cukup banyak yang jika tidak diangkat terutama sampah yang sulit diurai dapat merusak biota atau ekosistem laut.

"Untuk pelatihan ini dibimbing oleh instruktur profesional selama lima hari," tandasnya.

TOP