Bantaran Kali Pesanggrahan di Ulujami Jadi Lahan Produktif

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 14 Maret 2019 10:54 WIB | Dibaca 337 kali
Bantaran Kali Pesanggrahan di Ulujami Jadi Lahan Produktif (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Warga di Jalan Kampung Baru II, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, manfaatkan lahan bantaran Kali Pesanggrahan untuk pertanian. Bukan hanya tanaman sayur dan buah, warga juga memanfaatkan lahan untuk pengembangan tanaman hias.

" Akhirnya kita gotong royong menimbun sampah-sampah itu dengan material bekas bangunan. Kemudian lahannya kita olah"

Ide warga untuk memanfaatkan bantaran Kali Pesanggrahan karena awalnya lokasi tersebut dibuat tempat pembuangan sampah liar. Sehingga hampir setiap hari warga sekitar mencium bau tidak sedap, apalagi saat hujan turun.

"Akhirnya kita gotong royong menimbun sampah-sampah itu dengan material bekas bangunan. Kemudian lahannya kita olah," ujar Sugiarti, warga RT 08/02, Kamis (14/3).

Sementara Husin, warga RT 08/01, mengaku ia ikut memanfaatkan lahan bantaran untuk pertanian sayur. Beberapa jenis yang ditanam yakni kangkung, bayam, terong, cabai dan oyong.

"Hasil panen sebulan untuk kangkung dan bayam," tandasnya.

Bukan hanya sayuran, Husin pun memanfaatkan untuk pengembangan tanaman hias seperti bonsai, bidara arab, dan bidara cina. "Luas lahan untuk budidaya kembang sekitar 400 meter persegi dan untuk pertanian 200 meter persegi," tandasnya.

TOP