Layanan Kesehatan Posbindu Makin Dirasakan Manfaatnya

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 12 Maret 2019 16:52 WIB | Dibaca 461 kali
Layanan Kesehatan Posbindu Makin Dirasakan Manfaatnya (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Layanan kesehatan program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) makin dirasakan manfaatnya oleh warga. Melalui layanan ini, warga bisa memeriksakan kesehatan penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes melitus, kanker, stroke dan lainnya.

"Jadi kita bisa mendeteksi sejak dini tentang penyakit tidak menular. Kita juga jadi terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat, "

Seperti yang dirasakan warga Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. 

Tri Winganti (52), warga RW 02 Kelurahan Cilangkap mengaku sering memanfaatkan layanan kesehatan Posbindu yang digelar di RPTRA Tamplas Bambu Cilangkap. Selain mendapatkan pelayanan kesehatan, dirinya juga mendapatkan edukasi yang diberikan pegawai puskesmas kelurahan dan kecamatan dibantu TP PKK Kecamatan Cipayung.

"Jadi kita bisa mendeteksi sejak dini tentang penyakit tidak menular. Kita juga jadi terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat," ujar Tri, Selasa (12/3).

Siti (35), warga lainnya menambahkan, warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan serta pelatihan di Posbindu dipastikan dapat merasakan manfaatnya langsung.

"Dengan ikut pelatihan di Posbindu tentunya kita ingin belajar hidup sehat sehingga tercipta generasi dan keluarga yang sehat," katanya.

Sekadar diketahui, selain mendapatkan sosialisasi, warga juga mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis melalui layanan Posbindu di RPTRA tersebut. Pelayanan kesehatan dilalukan tim medis dari Puskesmas Kelurahan Cilangkap maupun Kecamatan Cipayung, setiap dua pekan sekali.

TOP