Dinas KUKMP Lakukan Pengadaan Alat Metrologi

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 22 Februari 2019 12:30 WIB | Dibaca 1120 kali
Dinas KUKMP Lakukan Pengadaan Alat Metrologi (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta melakukan pengadaan alat uji metrologi di tahun 2019.

" Kami berharap kontrak pengadaan sudah bisa dilakukan April"

Pengadaan alat uji tahun tersebut umumnya merupakan alat peneraan atau kalibrasi di instalasi kWh meter dan meter gas beserta komponennya seperti, test bench meter kWh, spare part sonic nozzle, rotary gas meter, portable three phase voltage and current source, portable small meter tester, portable working standard meter, handheld density meter, serta water bath.

Kepala UP Metrologi Dinas KUKMP DKI Jakarta, Johan Taruma Jaya mengatakan, banyak alat uji metrologi yang sudah mengalami aus dan tidak laik pakai lagi.

"Alat uji itu harus benar-benar dalam kondisi baik dan presisi. Terlebih, saat ini peneraan yang dilakukan Dinas KUKMP mengalami peningkatan," ujarnya, Jumat (22/2).

Johan menjelaskan, pengadaan alat uji metrologi berteknologi canggih dilakukan sebagai salah satu upaya perlindungan terhadap konsumen.

"Total anggaran pengadaan sebesar Rp 4,5 miliar. Kami berharap kontrak pengadaan sudah bisa dilakukan April dan di bulan September proses pengadaan selesai," terangnya.

Ia menambahkan, peran UP Metrologi DKI Jakarta sangat besar untuk melakukan kalibrasi dan peneraan tidak hanya di Jakarta, tapi juga skala nasional. Untuk itu, alat-alat peneraan dan kalibrasi yang dimiliki Dinas KPKP mengacu pada standar dunia.

"Beberapa alat harganya sangat mahal dan hanya dibuat perusahaan tertentu," tandasnya.

TOP