Gerai Kewirausahaan Terpadu di Marunda Resmi Beroperasi

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 15 Februari 2019 16:36 WIB | Dibaca 1022 kali
Gerai Kewirausahaan Terpadu di Marunda Resmi Beroperasi (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Gerai kewirausahan terpadu Marunda Berhati Emas (Marimas) di Jl Rusun Marunda RT 05, RW 07 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, resmi beroperasi, Jumat (15/2).

"Keberadaan gerai ini dapat mengakomodir dan mendekatkan ke masyarakat, "

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengapresiasi pembukaan gerai yang memiliki luas sekitar 600 meter persegi dengan kapasitas 27 los ini. Apalagi, menurut dia, selama ini keberadaan pasar relatif jauh dari kawasan Rusun Marunda.

"Keberadaan gerai ini dapat mengakomodir dan mendekatkan ke masyarakat. Hanya saya minta pasokan jangan sampai terlambat," ujar Ali.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati menjelaskan, gerai tersebut merupakan lokasi yang ke sembilan diresmikan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP). Selain menyediakan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, jelas Sri, gerai juga diperuntukkan bagi pembinaan ekonomi warga rusun.

"Ini gerai kesembilan yang sudah beroperasi. Fungsinya menjaga ketahanan pangan di DKI Jakarta," katanya.

Menurut Sri, gerai kewirausahaan terpadu ini berfungsi mendekatkan akses pangan murah kepada masyarakat. Dengan begitu ketahanan pangan di Jakarta akan terjaga.

"Harga pangan terjangkau akan menjaga inflasi. Dulu kita susah kendalikan harga karena ada kelompok tertentu, sekarang kita awasi," tukasnya.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni menambahkan, gerai di Marunda ini merupakan yang pertama diresmikan pada tahun ini. Dari jumlah sembilan gerai yang sudah dioperasikan di Jakarta, kata dia, empat di antaranya berada di wilayah Jakarta Utara.

"Selain ada Jakmart, Unit Pengelola Rusun sudah mendata warga yang memiliki usaha untuk ditampung di sini," tandasnya.

TOP