Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Terus Digencarkan

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 11 Februari 2019 14:51 WIB | Dibaca 984 kali
Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Terus Digencarkan (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sebanyak 50 warga Kampung Dukuh, RT 07/06, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengikuti sosialisasi penanggulangan kebakaran. Kegiatan bertujuan agar warga bisa mencegah kebakaran lebih dini, sebelum petugas tiba di lokasi kejadian.

"Jadi warga harus bisa mengantisipasi kebakaran, terutama saat ada kebocoran gas. Jadi tidak sampai merembet "

Kepala Sektor I Kecamatan Kebayoran Lama, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Usman Niman mengatakan, kawasan tersebut masuk dalam permukiman padat penduduk. Huniannya berdekatan, sehingga potensi kebakaran sangat besar.

"Paling tidak masyarakat bisa mengetahui ilmu terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran akibat korsleting listrik atau kebocoran tabung gas," ujarnya, Senin (11/2).

Warga, lanjut Usman, juga diedukasi penggunaan alat pemadam tradisional serta alat pemadam ringan.

"Warga bisa memadamkan dengan karung basah. Dan kalau bisa tersedia APAR," ucapnya.

Sementara Ketua RT 07/06, Sandung Saptono mengungkapkan, sosialisasi ini merupakan permintaan warga secara langsung. Sebab akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran salah satu penyebabnya adalah kebocoran pada selang kompor gas.

"Di sini kan rumah agak rapat. Jadi warga harus bisa mengantisipasi kebakaran, terutama saat ada kebocoran gas. Jadi tidak sampai merembet," tandasnya.

TOP