Dinas LH Siapkan Rangkaian Kegiatan untuk HPSN 2019

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 10 Februari 2019 18:25 WIB | Dibaca 1143 kali
Dinas LH Siapkan Rangkaian Kegiatan untuk HPSN 2019 (Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyiapkan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Kamis, 21 Februari 2019.

" Untuk acara puncak diselenggarakan pada 3 Maret mendatang"

Peringatan HPSN Tingkat Provinsi DKI Jakarta akan mengangkat tema "DKI Nyok Kerja Bakti untuk Kelola Sampah dari Sumbernya".

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, hari ini dilakukan sosialisasi bahaya sampah plastik di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jalan Sudirman-MH Thamrin.

"Kita juga melakukan Operasi Tangkap Tangan pembuang sampah sembarangan di lokasi yang sama," ujarnya, Minggu (10/2).

Isnawa menjelaskan, pada 18 Februari 2019 akan diadakan kegiatan pemilahan sampah di sekolah-sekolah. Kemudian, 20 Februari 2019 digelar kegiatan uji emisi dan kampanye penggunaan tumbler di kampus Universitas Nasional (Unas), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Kita juga akan mengadakan aksi kolosal bersih-bersih kampung di setiap RW se-Jakarta Timur pada tanggal 22 Februari, dan di Jakarta Utara pada 24 Februari 2019,"  ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menyelenggarakan Gerakan Menggunakan Tumbler dan sosialisasi e-Uji Emisi Goes to Campus di Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta Timur, pada 27 Februari.

"Peringatan HPSN juga akan kita gelar di Tempat Pengeloaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Untuk acara puncak diselenggarakan pada 3 Maret mendatang," tandasnya.

Untuk diketahui, HPSN kali pertama dicanangkan pada tahun 2006. Melalui HPSN masyarakat diajak untuk ikut berkontribusi menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

TOP