Pemkot Jakut Bakal Gelar Lomba Kerja Bakti

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 07 Februari 2019 23:42 WIB | Dibaca 1363 kali
Pemkot Jakut Bakal Gelar Lomba Kerja Bakti (Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota Adminsitrasi (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, akan menggelar lomba kerja bakti untuk memeriahkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Minggu (24/2) mendatang.

"Kita tadi rapat, hasilnya sepakat untuk bagaimana caranya memotivasi warga. Ya kita adakan lomba saja, "

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, kegiatan ini merujuk pada tema peringatan HPSN 2019 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ‘Kerja Bakti Nyok’. Tak ingin kegiatan menjadi seremonial semata, maka Pemkot Jakarta Utara berinisiatif mengadakan lomba kerja bakti lingkungan di setiap kelurahan.

“Kita tadi rapat, hasilnya sepakat untuk bagaimana caranya memotivasi warga. Ya kita adakan lomba saja,” katanya, Kamis (7/2).

Dijelaskan Ali, terdapat empat indikator penilaian, antara lain keterlibatan warga, volume sampah yang sudah terpilah, pemilihan lokasi, dan terakhir kreativitas warga mengkampanyekan lomba maupun pengurangan sampah plastik sekali pakai.

"Tim penilaian dan tim pendamping akan dibentuk di masing-masing kecamatan. Pemenang akan diumumkan sehari setelah pelaksanaan. Berarti akan diumumkan hari Senin, saat apel,” jelasnya.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara, Slamet Riyadi mengatakan, lomba bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengolahan sampah. Setiap harinya, total sampah yang diproduksi di Jakarta Utara berkisar 900-1.100 ton.

“Dengan lomba ini diharapkan ada upaya dari semua pihak, khususnya masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap pengelolahan sampah,” tandasnya.

TOP