RW 07 Kebayoran Lama Selatan Miliki Lorong Tanaman Obat Keluarga

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Sabtu, 12 Januari 2019 14:40 WIB | Dibaca 931 kali
RW 07 Kebayoran Lama Selatan Miliki Lorong Tanaman Obat Keluarga (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Permukiman RW 07, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan (KLS), Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, saat ini telah memiliki lorong Tanaman Obat Keluarga (toga). Selain untuk penghijauan, tanaman obat juga bisa dimanfaatkan warga.

"Jenisnya ada jahe merah, kumis kucing, dan lainnya. Bibit kita dapat dari Sudin KPKP Jakarta Selatan "

Pengelola Lorga RW 07 KLS, Utiek Triati mengatakan, ada sekitar 250 tanaman obat ada di lorong tersebut. Penanamannya menggunakan pot dan pipa paralon yang disusun.

"Jenisnya ada jahe merah, kumis kucing, dan lainnya. Bibit kita dapat dari Sudin KPKP Jakarta Selatan," ujarnya, Sabtu (12/1).

Menurut Utiek, tanaman obat-obatan memang perawatannya butuh perhatian ekstra. Tanaman harus disiram dua kali sehari, sebulan sekali dipupuk.

"Harus dijauhi juga dari hama agar bisa tumbuh subur dan bermanfaat," tuturnya.

Lurah Kebayoran Lama Selatan, Fachrudin mengaku sangat bangga dengan warga yang selalu kompak dalam menjaga lingkungan bahkan RW 07 menjadi pelopor RW lain untuk dikembangkan.

"Saat ini kita sedang maanfaatkan lahan kosong warga maupun pengembang untuk ditanami sayur maupun tanaman obat. Pembinaan juga rutin dilakukan kepada warga untuk memanfaatkan lahan kosong,” tandasnya.

TOP