16 Rangkaian Kereta Ratangga Bakal Diuji Coba Akhir Desember

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 11 Desember 2018 10:44 WIB | Dibaca 4422 kali
16 Rangkaian Kereta Ratangga Bakal Diuji Coba Akhir Desember (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan melakukan uji coba paralel terhadap 16 rangkaian kereta Ratangga akhir Desember ini. Rencananya, uji coba dilakukan hingga pengoperasian Ratangga secara komersial pada Maret 2019 mendatang.

"Semuanya sudah siap dan akhir Desember ini diuji coba pararel dengan testing positioning"

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar mengatakan, saat ini 16 rangkaian kereta telah tiba dan sudah berada di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setiap rangkaian terdiri dari enam gerbong sehigga total seluruhnya terdapat 96 kereta.  

"Semuanya sudah siap dan akhir Desember ini diuji coba paralel dengan testing positioning," tuturnya, Selasa (11/12).

Dijelaskan William, uji coba yang digelar hingga Maret ini untuk mengetahui skenario jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, uji coba juga untuk mengetahui waktu tempuh dari skenario 5 menit dan 10 menit, ketika jam sibuk dan tidak sibuk.  

Pada pertengahan Februari, uji coba dilakukan secara penuh, dengan melibatkan masyarakat hingga pertengahan Maret. Setelah semua rangkaian uji coba dilakukan, pada Maret akan dilakukan operasi secara komersial.  

"Setelah beroperasi secara komersial, jarak tempuh Bundaran HI ke Lebak Bulus ditempuh selama 30 menit dengan pemberhentian di 13 stasiun," tandasnya. 

TOP