8.034 Hewan Penular Rabies di Jakbar Telah Divaksinasi

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 07 Desember 2018 15:29 WIB | Dibaca 490 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Hingga 30 November 2018., sebanyak 8.034 ekor hewan penular rabies (HPR) millik warga yang tersebar di delapan kecamatan, sudah divaksin anti rabies oleh petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat.

" Total jumlah hewan yang divaksin di Jakarta Barat 8.034 ekor.Ini telah melampaui target yang ditetapkan Dinas KPKP sebanyak 5.079 ekor,"

Kasudin KPKP Jakarta Barat, Marsawitri Gumay mengatakan, HPR yang telah divaksin terdiri dari 3.447 ekor anjing, 4.464 kucing, 46 kera dan 77 ekor musang. 

"Total jumlah hewan yang divaksin di Jakarta Barat 8.034 ekor, ini telah melampaui target yang ditetapkan Dinas KPKP sebanyak 5.079 ekor," ujarnya, Jumat (7/12).

Diungkapkan Marsawitri, kemungkinan jumlah hewan yang telah divaksin terus bertambah karena sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan kegiatan vaksinasi di sejumlah wilayah kelurahan. 

"Desember ini, kami masih menggelar kegiatan pemberian vaksin rabies di Kelurahan Tanjung Duren Utara, Roa Malaka, Keagungan dan Kebon Jeruk," ungkapnya. 

Ia menambahkan, pihaknya tidak membatasi warga yang ingin membawa hewan peliharaan untuk mendapatkan vaksin rabies gratis. Namun sesuai aturan yang berlaku, pemelihara diperbolehkan memelihara lima ekor HPR. 

"Pemberian vaksinasi anti rabies ini bertujuan mempertahankan predikat DKI Jakarta sebagai wilayah bebas rabies sejak 2004," tandasnya.