Posko Siaga Bencana Kelurahan Tanjung Priok Siap Antisipasi Banjir

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 07 Desember 2018 13:46 WIB | Dibaca 466 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Posko bersama siaga bencana Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dipastikan siap menghadapi kondisi darurat saat puncak musim hujan nanti.

"Kalau memang ada bencana kita tidak bicara jam kerja. Seluruh petugas harus siaga melakukan penanganan "

Kepala Satpol PP Kecamatan Tanjung Priok, Zaenal Nasution mengatakan, seluruh peralatan seperti pompa alco, senso, jack hammer, godam dan perahu karet, serta keperluan untuk dapur umum untuk pengungsian pun sudah siap jika diperlukan.  

"Pompa air untuk mengantisipasi banjir pun sudah kita cek. Semua siap digunakan," ujarnya, saat melakukan pengecekan, Jumat (7/12).

Pada saatnya nanti, lanjut Zaenal, pihak kelurahan pun sudah menyiapkan jejaring masyarakat untuk berpartisipasi mengantisipasi bencana.

Lurah Tanjung Priok, Ma'mun menjelaskan, sebanyak 101 petugas PPSU di wilayahnya sudah diberikan pengarahan tentang pola penanganan bila terjadi bencana saat musim hujan. Setiap malam, pihaknya menyiagakan petugas yang siaga 24 jam.

"Kalau memang ada bencana kita tidak bicara jam kerja. Seluruh petugas harus siaga melakukan penanganan," tegasnya.

Dijelaskan Ma'mun, selain menyiagakan personel dan peralatan, pihaknya bersama warga juga sudah menyiapkan kampung siaga bencana (KSB). Rencananya, struktur kampung siaga di seluruh 16 RW se-Kelurahan Tanjung Priok dikukuhkan pekan depan.

"Dengan adanya strukutur KSB penanganan juga melibatkan warga," tandasnya.