Bazis Jakut Gelar Seminar Peningkatan Kualitas UKM

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 06 Desember 2018 20:53 WIB | Dibaca 405 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Badan Amil, Zakat, Infaq dan Sadaqah (Bazis) Jakarta Utara bekerja sama dengan salah satu perusahan retail nasional, menyelenggarakan kegiatan seminar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Gedung Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara.

" Seminar ini memberikan pencerahan kepada peserta dalam mengembangkan produk-produk UMKM di Jakarta Utara"

Seminar yang mengusung tema pemberdayaan dan pembangunan umat dengan meningkatkan kualitas UMKM melalui inovasi dan kreativitas ini diikuti 151 peserta.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau mengatakan, peserta kegiatan seminar merupakan pelaku usaha binaan Suku Dinas KUKMP Jakarta Utara dan Yayasan Terawulan Indonesia.

"Seminar ini memberikan pencerahan kepada peserta dalam mengembangkan produk-produk UMKM di Jakarta Utara. Saya apresiasi kepada Bazis Jakarta Utara yang sudah memberikan wadah untuk menambah wawasan bagi para pelaku usaha UMKM," ujarnya.

Syamsudin berharap, kegiatan ini bisa mendorong para pelaku usaha binaan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan mengembangkan usahanya.

Kepala Bazis Jakarta Utara, Hari Agusti Hiyayat menjelaskan, seminar sehari ini merupakan salah satu pelaksanaan dari lima pendayagunaan ZIS melalui program Jakarta Mandiri yang sudah dilakukan sejak 2016 lalu dengan pemberdayaan kue kampung.

"Belakangan kita bekerja sama dengan Terawulan Indonesia mengembangkan produksi sosis youghurt dan tanaman hidroponik. Total ada 872 orang warga sudah kita bina," katanya.

Menurut Hari, dari hasil pemberdayaan tersebut para pelaku usaha yang rata-rata merupakan mustahik kini sudah beralih menjadi muzaki. Secara rutin mereka sudah menunaikan kewajiban zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilan bulanannya.

"Kita juga apresiasi binaan terbaik dengan memberikan semacam gerobak kafe agar termotivasi meningkatkan produk unggulan," tandasnya.