Dinas KUKMP Cek Barang Beredar di Pusat Perbelanjaan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 06 Desember 2018 19:44 WIB | Dibaca 419 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagang (KUKMP) DKI Jakarta melakukan pengecekan barang beredar di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Cipinang, Jakarta Timur.

" Kami mengerahkan enam orang petugas"

Pengecekan tersebut difokuskan terhadap kepatuhan terkait produk atau barang wajib memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas KUKMP DKI Jakarta, Ety Syartika mengatakan, sejumlah produk maupun barang yang dicek di antaranya, minyak, tepung, minuman kemasan, kopi kemasan, dan pakaian.

"Kami mengerahkan enam orang petugas. SNI sangat penting untuk menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan lingkungan," ujarnya, Kamis (6/12).

Ety menambahkan, adanya label SNI akan membuat konsumen semakin percaya terhadap produk atau barang yang dibeli. Selain itu, produsen juga akan memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga kualitas produk maupun barang yang dijual.

"Melalui monitoring ini kita ingin seluruh produk atau barang beredar wajib ber-SNI dapat ditaati. Bagi yang tidak taat aturan terancam sanksi mulai dari teguran atau peringatan hingga pencabutan izin edar," tandasnya.