Sepanjang Tahun 2018, Bank Sampah Tidung Bersih Hasilkan Rp 18 Juta

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 06 Desember 2018 11:04 WIB | Dibaca 464 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sejak Januari hingga Desember 2018, Bank Sampah Tidung Bersih, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan menghasilkan sebanyak 8.899 kg sampah atau setara dengan Rp 18 juta.

"Diharapkan para warga dan petugas lebih giat lagi mengumpulkan sampah di Bank Sampah, karena hasilnya secara langsung maupun tidak langsung kini sudah mulai dirasakan"

Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi menuturkan, Bank Sampah tersebut dikelola oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pulau Tidung. Sampah-sampah tersebut dikumpulkan dari nasabah yang berasal dari sekolah maupun warga setempat yang terdiri dari, botol dan gelas plastik kemasan air minum, kardus, kertas, logam, aluminium dan besi.

"Diharapkan para warga dan petugas lebih giat lagi mengumpulkan sampah di Bank Sampah, karena hasilnya secara langsung maupun tidak langsung kini sudah mulai dirasakan," tuturnya, Kamis (6/12).

Ditambahkan Cecep, teknisnya sampah yang berhasil dikumpulkan dijual ke Bank Sampah besar dengan harga bervariasai tergantung jenis sampah dari mulai harga dua ribu rupiah per kilogram, untuk selanjutnya dibawa ke darat.

"Nasabah bisa mengambil uangnya minimal setelah empat kali menabung sampah, namun kebanyakan nasabah mengambil uangnya setelah 2-3 bulan menabung sampah," tandasnya.