Depo Sampah di Jl Inspeksi Kali Sunter akan Dilengkapi Pengolahan Limbah

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 16 November 2018 22:34 WIB | Dibaca 984 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, meresmikan pembangunan depo sampah ramah lingkungan di Jl Inspeksi Kali Sunter, Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja. Pembangunan menggunakan CSR salah satu perusahan nasional.

" Setelah jadi mudah-mudahan tidak akan menebar bau dan menjadi percontohan bagi wilayah lain"

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, depo yang berdiri di atas lahan seluas 289 meter persegi ini akan dilengkapi pengolahan air limbah sebelum dibuang ke saluran.

"Pembangunan depo ini sebagai percontohan depo sampah ramah lingkungan," ujarnya, Jumat (16/11).

Dijelaskan Ali, bagian lantai depo akan dicor agar air dari sampah tidak sampai meresap ke tanah. Air tersebut akan dialirkan ke fasilitas pengolahan sehingga saat dibuang ke saluran sudah bebas bau dan tidak mengandung limbah berbahaya.

Kemudian, proses pengangkutan wajib dilakukan setiap hari dan tidak ada sampah yang menginap. Sebelum diangkut, sampah akan dipilah sehingga hanya sisanya saja yang akan dikirim ke Bantar Gebang.

"Area sekitar juga akan ditanami tanaman hias sehingga indah bagi estetika," katanya.

Camat Koja, Yusuf Madjid menambahkan, proses pembangunan akan memakan waktu sekitar tiga pekan dan diperkirakan baru bisa difungsikan pada Desember mendatang.

"Setelah jadi mudah-mudahan tidak akan menebar bau dan menjadi percontohan bagi wilayah lain," tandasnya.