Sudinsos Jaktim Kukuhkan Pengurus KSB Kelurahan Cawang

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 14 November 2018 14:28 WIB | Dibaca 629 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 25 anggota tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur dikukuhkan, Rabu (14/11). Mereka juga disosialisasikan tentang tugas pokok dan fungsi KSB serta praktik kerja dapur umum.

"Musim hujan sudah mulai datang, tentu harus diantisipasi semaksimal mungkin. Agar saat ada bencana banjir, pelayanan bisa cepat tepat dan tanggap "

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial Sudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam mengatakan,  pengukuhan 25 anggota KSB Kelurahan Cawang dilakukan guna menghadapi musim hujan. Daerah ini menjadi salah satu titik rawan genangan di Jakarta Timur.

Anggota yang dikukuhkan berasal dari unsur tokoh masyarakat, pengurus RT, RW hingga LMK dan unsur lainnya. "Dalam pengukuhan, kita juga berikan materi pengenalan tupoksi KSB sekaligus cara penanggulangan bencana," kata Abdul Salam.

Menurutnya, materi pengenalan pada pengurus KSB ini antara lain adalah tentang teknik penanggulangan bencana, termasuk cara evakuasi korban. Mereka juga dilatih mendirikan tenda penampungan berukuran 5x10 meter persegi, dapur umum dan praktik memasak di dapur umum hingga penyediaan dan distribusi bantuan makanan siap saji pada korban bencana.

"Musim hujan sudah mulai datang, tentu harus diantisipasi semaksimal mungkin. Agar saat ada bencana banjir, pelayanan bisa cepat tepat dan tanggap," ucapnya.

Pihaknya juga memberikan sejumlah bantuan peralatan penanggulangan bencana. Seperti tenda penampungan, peralatan dapur lengkap, logistik dan sebagainya. Seluruhnya menjadi barang inventaris KSB Kelurahan Cawang. Ia meminta agar seluruh barang bantuan dari Dinas Sosial DKI itu dijaga dan dirawat dengan baik.

Lurah Cawang, Haerudin memberikan apresiasi pada jajaran Sudin Sosial Jakarta Timur yang telah membentuk KSB. Wilayah rawan genangan di kelurahan ini berada di RW 01, 02, 03, 05 dan 08.

"Kita sangat berikan apresiasi kegiatan pengukuhan pengurus KSB. Sinergitas seperti ini sangat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana," tandasnya.