Dinas KPKP Gelar Pembinaan Urban Farming di Tiga Rusun

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 08 November 2018 20:12 WIB | Dibaca 339 kali
(Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Sekitar 100 warga penghuni Rusun Daan Mogot, Tambora dan Flamboyan, Jakarta Barat, mendapatkan pembinaan tentang pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

" Kegiatan ini selain dalam rangka menambah ruang terbuka hijau, juga memberikan edukasi kepada warga rusun untuk mulai bercocok tanam"

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengatakan, kegiatan dilaksanakan di Rusun Daan Mogot sebagai bentuk implementasi Ingub No 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan serta Ingub No 131 Tahun 2016 tentang Optimalisasi Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa. 

"Selain itu juga sebagai grand design pertanian perkotaan di Jakarta Tahun 2018 - 2030 yang di dalamnya menyebutkan rusun merupakan salah satu lokasi pertanian perkotaan di DKI Jakarta," ujar Taufik, Kamis (8/11).

Dikatakan Taufik, dalam kegiatan ini peserta diberikan materi berdayaguna dan mandiri pangan di rusun, komunikasi keluarga dan bertani hidroponik sederhana skala rumah tangga, serta materi tentang kewirausahaan dari perkumpulan gerakan OK OCE

Kepala Sudi KPKP Jakarta Barat, Marsawitri menjelaskan, dengan pembinaan ini warga rusun dapat mengetahui tentang bercocok tanam sayuran, tanaman produktif dan tanaman toga, serta dapat malaksanakan budidaya ikan dan olahannya.

"Kegiatan ini selain untuk menambah ruang terbuka hijau, juga memberikan edukasi kepada warga rusun untuk mulai bercocok tanam," tandasnya.