Pameran Wastra Nirbatik Nirtenun Digelar di Museum Tekstil

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Kamis, 08 November 2018 18:52 WIB | Dibaca 708 kali
(Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Unit Pengelola (UP) Museum Seni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) DKI Jakarta menggelar Pameran Wastra Nirbatik Nirtenun bertajuk 'Membuat dan Menghias Wastra Tanpa Alat Tenun' di areal Museum Tekstil Jakarta, Jalan KS Tubun, Jakarta Barat.

" Kami ingin kenalkan kekayaan budaya kita"

Pameran yang dihelat mulai 8-18 November tersebut terselenggara berkat dukungan dari Museum Bengkulu, Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan UPT Taman Budaya dan Museum Sulawesi Tengah.

Kepala UP Museum Seni Disparbud DKI, Esti Utami menjelaskan, tujuan digelarnya pameran ini untuk mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki kekayaan kain yang luar biasa dengan beragam teknik pembuatan.

"Kami ingin kenalkan kekayaan budaya kita. Bukan hanya kain batik dan kain tenun saja. Tapi juga berbagai macam teknik membuat dan menghias kain yang luar biasa," ujarnya, Kamis (8/11).

Esti menyampaikan, dalam pameran ini ditampilkan sekitar 85 koleksi kain dari sejumlah daerah di Indonesia dengan beragam teknis pembuatan dan hiasan yang berbeda-beda. Koleksi kain sendiri ada yang merupakan koleksi dari Museum Tekstil dan daerah-daerah lainnya.

"Kita berharap akan banyak orang datang ke sini dan mulai mengenal kekayaan kita," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Ferry Farhati mengapresiasi sekaligus kagum dengan pameran ini. Karena banyak kekayaan kain Indonesia yang luar biasa bisa dibanggakan.

"Kalau anak-anak muda bisa lihat, maka akan tumbuh kepedulian. Insya Allah ini semua bisa dijaga dan tidak punah," tandasnya.