Perumda Pasar Jaya Bangun Dua Pasar Buku Tahun Depan

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Jumat, 02 November 2018 15:30 WIB | Dibaca 1003 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya kembali akan membangun dua Pasar Buku di Ibukota pada tahun depan.

" Percontohannya nanti di Pasar Kenari"

Rencananya, dua Pasar Buku tersebut masing-masing dibangun di Pasar Kenari, Jakarta Pusat dan Pasar Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, saat ini Pasar Buku sudah beroperasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Sesuai dengan perencanaan, pada tahun depan, dua Pasar Buku akan dibangun di Pasar Kenari dan Pasar Pondok Indah.

"Percontohannya nanti di Pasar Kenari. Kita mau menampung pedagang buku yang dulu dari Pasar Senen," ujarnya, Jumat (2/11).

Arief menjelaskan, dalam konsep Pasar Buku ini, pihaknya tidak hanya menjual buku bekas, tapi juga menjual alat peraga pendidikan berikut fasilitas lainnya yang tidak dijual di pasar modern.

"Harganya mungkin juga akan lebih kompetitif," katanya.

Ia menuturkan, alasan pihaknya berencana menambah Pasar Buku karena keberadaannya selama ini dinilai sangat dibutuhkan. Sebab, tidak seluruh lapisan masyarakat mampu membeli buku yang harganya kini cenderung mahal.

"Dari situlah pemerintah melalui Pasar Jaya membangun Pasar Buku ini. Jadi kebutuhannya memang mendesak," katanya.

Arief menargetkan penambahan pasar buku di dua lokasi bisa terealisasikan pada tahun depan dengan alokasi anggaran antara Rp 10-12 miliar per lokasi.

"Saya maunya tahun depan selesai semua," tandasnya.