PT LRT Jakarta Datangkan MRV Dari Korsel

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 22 Oktober 2018 19:19 WIB | Dibaca 1349 kali
PT LRT Jakarta Datangkan MRV Dari Korsel (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Untuk mendukung operasional pekerjaan perawatan sarana dan prasarana Light Rail Transit (LRT) Jakarta, PT LRT Jakarta datangkan Maintenance Rail Vehicle (MRV) dari Korea Selatan (Korsel).

" MRV yang baru didatangkan ini berfungsi untuk membantu menggerakkan atau menarik kereta LRT tanpa suplai listrik"

MRV tersebut menjadi lokomotif pertama di Indonesia dengan lebar sepur 1435 mm yang diharapkan dapat menunjang kegiatan operasional LRT Jakarta secara optimal.

Direktur Proyek LRT Jakarta, Iwan Takwin mengatakan, MRV yang tiba pada Minggu (21/10) pukul 01.00 dini hari tersebut selanjutnya akan dibawa ke Jalur Simpan yang berlokasi di depo mini di depan Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"MRV yang baru didatangkan ini berfungsi untuk membantu menggerakkan atau menarik kereta LRT tanpa suplai listrik," tuturnya, Senin (22/10)

Dijelaskan Iwan, dalam praktik kerjanya, MRV itu akan digunakan di depo untuk memindahkan kereta tanpa perlu energize apapun atau tanpa suplai listrik melainkan dengan diesel.

Alat yang dilengkapi dengan crane pada salah satu ujungnya dan memiliki satu unit gerbong perlengkapan ini juga dapat digunakan dalam kondisi darurat. Misalnya jika terjadi kerusakan di tengah-tengah jalur,  MRV dapat menarik kereta ke depo.

"Pada dasarnya, MRV ini akan kita gunakan untuk menservis delapan train set," tandasnya.

TOP