Ini Rekayasa Lalin Saat Penutupan Asian Para Games

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Sabtu, 13 Oktober 2018 15:00 WIB | Dibaca 729 kali
Ini Rekayasa Lalin Saat Penutupan Asian Para Games (Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan berkaitan dengan Closing Ceremony Asian Para Games III.

" Pengendara diimbau untuk menyesuaikan pengaturan lalin"

Adapun rekayasan lalin untuk menghindari kepadatan kendaraan di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tersebut yakni,

1. Flyover Senayan dan Ladogi

Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi, sedangkan kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi. Arus lalin di Jl Gerbang Pemuda Ditutup.

2. Pintu Fx Sudirman atau Jalan Pintu 1 Senayan.

a. Pintu Fx Sudirman atau Jalan Pintu 1 Senayan ditutup

b. Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

c. Pintu masuk Fx Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan.

3. Jalan Hang Lekir

Arus lalu lintas dari Jalan Dr Moestopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

4. Perempatan Patal Senayan

Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau.

5. Traffic Light (TL) Palmerah

Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di TL Palmerah menuju Jalan Tentara Pelajar dan Permata Hijau.

6. Pertigaan Jalan Tentara Pelajar

Kendaraan yang dari arah TL Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

7. Pertigaan Hang Lekir

Kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah TL Pakubuwono maupun arah sebaliknya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, berkaitan dengan Closing Ceremony Asian Para Games hari ini pihaknya mengerahkan sebanyak 1.400 personel yang bertugas dalam dua sif.

"Pengendara kami imbau untuk menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujarnya, Sabtu (13/10).

Sigit menjelaskan, bagi masyarakat yang akan menyaksikan secara langsung penutupan Asian Para Games III agar sebaiknya menggunakan moda transportasi umum.

"Kita sudah siapkan bus-bus Transjakarta hingga bus pengumpan untuk memfasilitasi," terangnya.

Sigit menambahkan, untuk menghindari terjadinya kemacetan di kawasan SUGBK, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengelola gedung perkantoran, baik pemerintah dan swasta hingga pusat perbelanjaan.

"Kami minta mereka menyediakan area parkir bagi pengunjung Closing Ceremony Asian Para Games 2018. Ada 26 titik area parkir di Jalan Asia Afrika, Jenderal Sudirman, dan kawasan SCBD," tandasnya.

TOP