Kelurahan Serdang Bangun Bank Sampah Baru

Reporter : Suparni | Editor : Andry | Kamis, 11 Oktober 2018 14:06 WIB | Dibaca 449 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat membangun bank sampah baru di lahan bekas kantor kelurahan setempat yang berada  di Jalan Taruna Jaya V, RW 03.

"Hari ini kita bangun dengan ukuran sekitar delapan meter persegi "

"Hari ini kita bangun dengan ukuran sekitar delapan meter persegi. Kita perkirakan tiga hari selesai," ujar Rizka Handayani, Lurah Serdang di lokasi, Kamis (11/10).

Menurutnya, bank sampah ini nantinya akan diserahkan dan dikelola warga. Beragam jenis sampah mulai dari sampah pilah, kaleng dan kardus bisa ditampung di bank sampah tersebut.

Rizka menjelaskan, setelah bank sampah ini beroperasi, pihaknya juga akan menyiapkan pengelolaan kompos. Mengingat, lahan yang tersedia masih cukup luas dan memungkinkan dibangun rumah kompos.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa beroperasi. Kita juga telah sosialisasikan kepada warga agar membuat pengurus bank sampah ini," katanya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kebersihan Kelurahan Sedang, Yuswati menambahkan, kehadiran bank sampah di lingkungan ini akan menambah jumlah bank sampah di wilayahnya.

"Masing-masing sudah bisa menghasilkan kas atau tabungan sebesar Rp 300 ribu per minggu," tandasnya.