Warga Rawa Buaya Disosialisasikan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 11 Oktober 2018 15:01 WIB | Dibaca 474 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Puluhan warga serta kader PKK Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (11/10), ikut sosialisasi tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di RPTRA Cabe Rawit.

" Menurut saya RPTRA bisa menjadi salah satu tempat untuk mengurangi kekerasan terhadap anak dan perempuan"

Kegiatan yang diinisiasi Sudin Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAP) Jakarta Barat dan Kecamatan Cengkareng ini, menghadirkan Ketua Komnas Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait, sebagai narasumber.

Aris mengatakan, anak-anak memiliki hak, harkat dan martabat. Karena itu, semua pihak memiliki tanggung jawab untuk melindungi anak-anak dari tindak kekerasan.

"Tidak ada satu pun dari kita yang ada di sini memiliki otoritas mencabut hak tersebut. Oleh sebab itu, anak membutuhkan perlindungan hidup dari orang dewasa," ucapnya.

Diungkapkan Aris, pihaknya bersama instansi terkait lain telah mengunjungi beberapa pemukiman padat penduduk di Jakarta Barat untuk mensosialisasikan pencegahan kasus kekerasan terhadap anak.

"Menurut saya RPTRA bisa menjadi salah satu tempat untuk mengurangi kekerasan terhadap anak dan perempuan," tukasnya.

Sementara, Camat Cengkareng, Masud Efendu berharap, melalui sosialisasi ini warga dapat mengetahui seputar kekerasan terhadap anak serta upaya pencegahannya.

"Dengan semakin banyaknya warga yang telah mendapatkan informasi ini, kami berharap pencegahan bisa dilakukan secara dini di lingkungan masing - masing," tandasnya.