Diskominfotik-Kemendikbud RI Sepakati Kerja Sama Aplikasi Perkantoran Elektronik

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 04 Oktober 2018 18:46 WIB | Dibaca 2120 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melakukan Memorandum of Understanding (MoU) copy aplikasi perkantoran elektronik EOffice.

" Aplikasi EOffice memberikan banyak kemudahan dan manfaat dalam administrasi pelayanan persuratan"

Pelaksana Tugas (Plt) Diskominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, aplikasi EOffice dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud RI.

"Aplikasi EOffice memberikan banyak kemudahan dan manfaat dalam administrasi pelayanan persuratan," ujarnya, Kamis (4/10).

Atika menjelaskan, di era digital saat ini, pengelolaan administrasi surat yang lebih baik, cepat, dan praktis sangat dibutuhkan. Terlebih, Jakarta akan diwujudkan sebagai Smart City.

"Kita sudah melakukan serah terima copy aplikasi EOffice. Dalam praktiknya nanti kami tidak mencontek habis. Namun, dengan infrastruktur yang ada akan kami kembangkan kembali sesuai kebutuhan di DKI Jakarta," ucapnya

Sementara, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud RI, Gogot Suharyoto menuturkan, keunggulan aplikasi EOffice adalah membuat birokrasi surat menyurat menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain itu, sambungnya, penggunaan aplikasi tersebut dapat meningkatkan tingkat kerahasiaan dalam surat-menyurat.

"Cara kerjanya, surat ke luar kemudian langsung di-scan, diterima dan ditindaklanjuti. Prosesnya bisa sangat cepat, dalam hitungan menit," tandasnya.