Ketua Dekranasda DKI Kunjungi Pelatihan Membatik di Rusun Rawa Bebek

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 02 Oktober 2018 17:16 WIB | Dibaca 689 kali
Ketua Dekranasda DKI Kunjungi Pelatihan Membatik di Rusun Rawa Bebek (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati meninjau kegiatan pelatihan membatik pewarnaan sintetis di Rusun Rawa Bebek, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (2/10).

" Selain untuk melestarikan warisan budaya, juga diharapkan mampu menambah wawasan para pengrajin batik"

Fery mengatakan, kerajinan membatik harus terus dilestarikan. Selain untuk mempertahankan warisan nenek moyang juga untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan dalam membatik menggunakan kain sintetis ini.

"Dekranasda DKI akan terus mengembangkan pelatihan membaik bagi warga rusun. Selain untuk melestarikan warisan budaya, juga diharapkan mampu menambah wawasan para perajin batik," kata Fery Farhati.

Diharapkan, dari pelatihan ini peserta juga memiliki inovasi dan kreasi sehingga mampu menampilkan motif baru. Misalnya motif khas batik Betawi, sehingga nilai plus ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, meminta para peserta pelatihan membatik untuk fokus dan mengembangkan keterampilannya. Sehingga kelak mereka dapat memetik hasilnya dari kegiatan membatik ini.

"Kalau ditekuni dengan baik, membatik juga bisa menjadi modal berwirausaha. Apalagi kalau hasilnya sangat berkualitas dan nilai seninya tinggi tentu nilai ekonomi yang tinggi juga akan melekat," tandasnya.

TOP