Mutu Buah dan Sayur di Pasar Kramat Jati Dicek

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 27 September 2018 16:11 WIB | Dibaca 554 kali
Mutu Buah dan Sayur di Pasar Kramat Jati Dicek  (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, melakukan pengecekan mutu buah dan sayuran di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Pengecekan dilakukan untuk melindungi masyarakat dalam mengkonsumsi buah dan sayuran yang diperdagangkan.

" "

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pengecekan dilakukan untuk melindungi masyarakat dalam mengkonsumsi buah dan sayuran yang diperdagangkan.

"Kami lakukan pengecekan terhadap buah dan sayuran di pasar tersebut yang didatangkan dari daerah," ujar Darjamuni, Kamis (27/8).

Dijelaskan Darjamuni, pengecekan dan pengujian dilakukan secara on the spot terhadap 12 sampel buah dan 35 sayuran oleh Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian, Cibubur.

Beberapa sampel buah yang diuji di laboratorium antara lain, anggur dari Cina, Mesir dan Amerika. Kemudian semangka dari Lampung dan Banyuwangi serta melon dari Purwodadi.

Selanjutnya belimbing, jeruk nipis, lemon serta jeruk peras dari Medan, Batu Raja dan Banyuwangi.

Untuk Jenis sayuran antara lain bayam, kangkung, caisim, daun bawang, kembang kol, sawi, tomat, cabai merah, cabai merah keriting, cabai rawit yang berasal dari Jawa Barat, Magelang dan kota lainnya.

"Hasil uji laboratorium diketahui jika seluruh sampel buah dan sayuran aman untuk dikonsumsi masyarakat," tandasnya.

TOP