200 siswa SD di Jakut Ikut Sosialisasi Gemar Makan Ikan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 27 September 2018 15:07 WIB | Dibaca 1003 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Sebanyak 200 siswa sekolah dasar ikut sosialisasi gemar makan ikan (gemari) yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara, Kamis (27/9) di SDN 01 Tugu Selatan, Kecamatan Koja.

" Kami sengaja menyasar siswa sekolah dasar untuk menjangkau generasi muda. Polanya pelan tapi pasti"

Pada kegiatan ini, siswa diedukasi pentingnya makan ikan melalui lagu, leaflet dan dongeng. Selain itu, mereka dibagikan paket makanan ikan olahan seperti baso dan otak-otak ikan serta udang katsu.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Desy Putra menjelaskan, sosialisasi ini merupakan rangkaian kampanye peningkatan konsumsi ikan di DKI Jakarta.

"Kami sengaja menyasar siswa sekolah dasar untuk menjangkau generasi muda. Polanya pelan tapi pasti," ujar Desy Putra.

Diharapkan Desy, para pengajar di sekolah terus mensosialisasikan gemar makan ikan pada siswa. Dengan begitu, indeks konsumsi makan ikan di Jakarta Utara bisa meningkat.

Sementara Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Rita Nirmala mengungkapkan, indeks konsumsi perkapita makan ikan DKI Jakarta pada 2017 sebesar 38 masih di bawah rata-rata indeks perkapita nasional sebesar 45,27.

Diharapkannya, berbagai upaya yang dilakukan bisa meningkatkan indeks konsumsi makan ikan hingga menyamai indeks nasional.

"Kita harapkan angka nasional tahun lalu itu menjadi target kita tahun ini. Jadi 45,27 untuk tahun 2018," tandasnya.