Kampung Iklim Lenteng Agung Siap Sukseskan Asian Para Games

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 25 September 2018 11:00 WIB | Dibaca 995 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Warga Kampung Iklim RW 09 Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan siap menyukseskan perhelatan Asian Para Games 2018. Kesiapan tersebut dapat terlihat dari lingkungan dan penataan kampungnya yang terus diperbaiki dan dipercantik.

"Hal itu kami lakukan untuk menyukseskan perhelatan Asian Para Games  "

Lurah Lenteng Agung, Satia mengatakan untuk menyukseskan perhelatan Asian Para Games pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, seperti menata kampung, menyiapkan lahan untuk pembibitan sayuran, menghiasi halaman rumah dengan berbagai tanaman, hingga memiliki IPAL yang sudah memenuhi baku mutu.

"Hal itu kami lakukan untuk menyukseskan perhelatan Asian Para Games dengan harapan Kampung Iklim dapat menjadi salah satu alternatif wisata lingkungan para atlet, delegasi dan official Asian Para Games serta turis mancanegara,"  ujarnya, Selasa (25/9).

Dijelaskan Satia, selain itu pihaknya juga telah memiliki bank sampah serta tempat pembuatan pupuk. Dengan demikian, warga yang telah memilah sampah dapat menukar sampah non organiknya di bank sampah, hasil dari bank sampah dapat dibelanjakan di koperasi yang dikelola warga. Selanjutnya, sampah non organiknya dimanfaatkan menjadi bahan berguna seperti tas, tempat pensil, terpal motor, dan lain sebagainya yang kemudian dijual di koperasi.

Selain itu sampah organiknya diberikan ke Sudin Lingkungan Hidup Jaksel untuk dijadikan pupuk yang selanjutnya pupuk itu dikembalikan lagi ke warga untuk dimanfaatkan kembali. 

Tidak hanya itu, warga juga memanfaatkan lahan di bantaran kali ciliwung sebagai taman yang memiliki berbagai macam tema seperti taman Soang dan Taman Gajah dengan memanfaatkan barang bekas yang didaur ulang.