Dinsos DKI Gelar Penilaian Kube dan Pendamping Berprestasi

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 20 September 2018 17:05 WIB | Dibaca 430 kali
(Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta menggelar penilaian bagi Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan pendamping berprestasi yang mewakili lima wilayah kota di Ibukota.

" Kita ingin anggota dan pendamping Kube semakin termotivasi dan profesional"

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos DKI Jakarta, Susy Dwi Harin mengatakan, penilaian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Kube yang menjadi salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Kita ingin melalui kualitas Kube dan pendampingnya, program ini bisa semakin berjalan baik," ujarnya, saat membuka kegiatan penilaian Kube dan pendamping berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Jl Gunung Sahari II, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

Susy menjelaskan, ada tiga aspek penting yang harus diperhatikan agar Kube bisa tetap eksis. Ketiga aspek tersebut yakni, ekonomi, kelembagaan, dan sosial.

Aspek ekonomi, sambungnya, merupakan upaya-upaya yang dilakukan oleh anggota Kube untuk semakin meningkat kesejahteraan melalui program kewirausahaan tersebut.

Kemudian, aspek kelembagaan yakni, proses pembelajaran anggota dalam mengelola usaha melalui sistem dan manajemen yang baik.

"Tidak kalah penting adalah aspek sosial, seperti nilai kejujuran, komitmen, integritas, tanggung jawab sosial, partisipasi, kesetiakawanan sosial, dan gotong-royong terhadap sesama anggota," terangnya.

Sementara, Kepala Seksi Fakir Miskin Dinsos DKI Jakarta, Rani Nurani menambahkan, tim penilai berasal dari praktisi sosial, forum CSR, dan akademisi.

"Melalui penilaian ini, kita ingin anggota dan pendamping Kube semakin termotivasi dan profesional," tandasnya.

Untuk diketahui, bagi Kube yang menjadi Juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan Rp 11 juta, Juara 2 Rp 8,8 juta, Juara 3 Rp 6,6 juta, Juara Harapan 1 Rp 4,4 juta, dan Juara Harapan 2 Rp 3,3 juta.

Sementara, Juara 1 bagi pendamping Kube berhak atas uang pembinaan Rp 8,8 juta, Juara 2 Rp 6,6 juta, Juara 3 Rp 4,4 juta, Juara Harapan 1 Rp 2,2 juta, dan Juara Harapan 2 Rp 2,1 juta.

Selain itu, masing-masing pemenang juga akan mendapatkan trofi dan piagam penghargaan.