115 Warga Kepulauan Seribu Terima Sertifikat Basic Safety Training KLM

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 20 September 2018 12:12 WIB | Dibaca 1228 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad menyerahkan secara simbolis sertifikat pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) atau kapal perikanan pelayaran dalam negeri ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia) kepada warga Kelurahan Pulau Panggang yang telah selesai mengikuti pelatihan.

" Pelatihan ini sangat membantu, karena  bayar kalau bayar bisa Rp 3 juta. Ini merupakan syarat mutlak untuk membawa kapal"

"Pelatihan ini kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta," kata Husein Murad, Kamis (20/9).

Menurut Husein, ada 115 warga yang telah menyelesaikan pelatihan dan lulus evaluasi. Artinya mereka sudah layak membawa kapal dan diakui secara internasional. "Saya ucapkan selamat, mudah-mudahan ini bermanfaat. Ke depan kegiatan ini berkelanjutan di pulau lainnya," ujarnya.

Sementara, Abu Rizki (27) warga Pulau Panggang menyambut baik pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM). Karena mayoritas warga di Kepulauan Seribu merupakan nelayan.

"Pelatihan ini sangat membantu. Ini merupakan syarat mutlak untuk membawa kapal," tandasnya.