TP PKK Jakut Terima Hibah Rumah Kebun Hidroponik

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 20 September 2018 13:50 WIB | Dibaca 1497 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Utara, Kamis (20/9), menerima hibah rumah kebun hidroponik dari salah satu perusahaan otomotif nasional di halaman kantor Wali Kota Jakarta Utara.  

" Nanti kita akan kerja sama dengan KPKP dalam pengelolaan dan melakukan pelatihan bagi kader PKK"

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi mengatakan, sarana kebun hidroponik tersebut akan dijadikan percontohan pengembangan urban farming untuk mengatasi keterbatasan lahan perkotaan serta bermanfaat bagi peningkatan ekonomi warga. 

"Seperti di Kelurahan Kamal Muara, mereka sudah setiap minggu panen, hasilnya antara Rp 700 ribu-Rp 1 juta," ujarnya. 

Junaedi berharap, pihak swasta ini terus mendukung penambahan fasilitas hingga ke seluruh kelurahan melalui program CSR. Dengan begitu, program pengembangan ekonomi keluarga PKK bisa terlaksana maksimal.

Ketua TP PKK Jakarta Utara, Rosnawati Syamsudin Lologau menambahkan,  keberadaan rumah kebun hidroponik tersebut akan dimaksimalkan sebagai sarana pelatihan bagi kader. Nantinya, mereka akan didorong agar bisa mengembangkan urban farming di wilayahnya.

"Nanti kita akan kerja sama dengan KPKP dalam pengelolaan dan melakukan pelatihan bagi kader PKK," paparnya.

Sedangkan Head General Affairs Division PT Daihatsu Astra Motor, Haryanto NH menjelaskan, rumah kebun hidroponik dari CSR ini merupakan yang ke 10 dibangun pihaknya. Dari 10 yang dibangun itu, enam di antaranya berada di wilayah Jakarta Utara.

"Rata-rata ukuran yang biasa kita bangun itu 4x4 meter. Kali ini lebih besar, 4,5x6 meter," tandasnya.